3 Aplikasi Portabel yang Wajib Ada di Flashdisk

Oke setelah sekian lama dianggurin ini blog karena yang empunya lagi UAS, dan hasil yang keluar juga bikin galau, mening posting aja deh. Sedikit curhat kalau mimin juga sedang galau karena nilai UAS-nya pada ancur. Ditambah ini malam minggu dan mimin juga ga punya pacar. Ada yang mau sama mimin? Haha :D
Postingan kali ini terinspirasi dari sebuah komentar di blog ini yang bernama FadLi Muh. ShirOikiBa. Agak 4L4y namanya. Entah masih labil atau gimana (peace brow :D). Dia berkomentar nyaranin mimin buat apa saja aplikasi portabel yang musti ada di flashdisk kita. Memang setelah kita melihat kelebihan dan kekurangannya, terbersit sebuah pertanyaan. "aplikasi portabel apa saja yang harus ada dalam flashdisk kita". Setelah dipikir-pikir, menurut mimin inilah aplikasi portabel yang harus ada dalam flashdisk kita. Seperti biasa, mimin sajikan dalam 3 poin. Langsung cekidot.

1. Aplikasi Internet


Ini yang sangat penting. Karena jika sedang menggunakan komputer umum, sangat riskan jika kita menggunakan browser yang ada di dalamnya. Mungkin saja sudah disisipkan sesuatu (sesuatu yah). Yah, mungkin ada beberapa orang yang tidak peduli dengan ini. Tapi untuk berjaga-jaga, mimin sarankan jika menggunakan komputer orang/umum/warnet, sediakan aplikasi portabel untuk Internet. Mimin kasih beberapa saja contohnya. Sahabat bisa menggunakan Google Chrome Portable, Mozilla Portable, bisa juga menggunakan Opera Portable untuk keperluan browsing. Untuk keperluan chatting, sahabat bisa menggunakan Pidgin Portable atau Skype Portable.

2. Aplikasi Office


Loh kenapa aplikasi office harus portabel? Kan di komputer lain juga ada. Ya, memang ada. Tapi mimin juga mempertimbangkan masalah kompabilitas. Jika sahabat menggunakan LibreOffice dan ingin dibuka di Microsoft Office, tentulah strukturnya akan berantakan. Ini sifatnya kondisional saja, tapi tidak ada salahnya kan untuk berjaga-jaga saja. Aplikasi office portabel, sahabat bisa menggunakan LibreOffice Portable atau OpenOffice Portable untuk keperluan office, AbiWord Portable untuk keperluan mengetik serupa Microsoft Word, atau Foxit Reader Portable untuk membuka file PDF.

3. Aplikasi Keamanan


Dari yang mimin tahu, tidak semua komputer menggunakan antivirus. Meskipun ada, tidak semuanya terup-to-date. Bahkan ada juga yang kesulitan memasang antivirus karena komputernya sudah lebih dulu terinfeksi virus. Nah, disini sekalian kita membantu orang, sahabat bisa membawa program antivirus versi portabel. Memang ada? Ada. Sahabat bisa menggunakan ClamWin Portable untuk antivirus portabelnya. Jangan khawatir, antivirus ini cukup bagus kok, tidak kalah dengan antivirus yang sudah kondang. Dan untuk pembasmi spyware, sahabat bisa menggunakan Spybot-Search & Destroy Portable yang sudah teruji kehebatannya dalam membasmi spyware.

Ketiga poin diatas memang tidak mengikat. Jika sahabat punya pendapat lain atau ada yang mau menambahkan silahkan. Mimin terbuka kok (bukan buka baju ya). Ayo, segera tambahkan ke flashdisk sahabat. Gratis kok.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
January 22, 2012 at 11:10 PM delete

yang office mah kayanya ngga terlalu berguna om tiga, mending bawa aplikasi kaya adobe photoshop ato corel yang portable, soalnya biasanya kalo ke warnet terus mau edit foto, nah make itu deh :D, saran aja sih

Reply
avatar
Anonymous
January 23, 2012 at 10:07 AM delete

Info yang bagus nih, tapi bener yang dikatakan rekan diatas saya, aplikasi office sepertinya kurang pas, lebih pas aplikasi grafis. :)

Reply
avatar
Bay
January 23, 2012 at 5:16 PM delete

@M. Ulil, @I2-Harmony : terima kasih masukannya .. ^^ . cuma karena mimin kurang suka aplikasi buat edit foto, jadi ga dimasukin deh .. :D
yang mimin tahu, aplikasi portabel buat ngedit foto kirain cuma inkscape aja .. hehe
maklum mimin masih newbie :)

Reply
avatar