3 Pabrikan Ponsel yang Sudah Siap dengan Regulasi TKDN

3 Pabrikan Ponsel yang Sudah Siap dengan Regulasi TKDN

Apa sobat tahu TKDN? Bagi yang belum tahu, TKDN adalah singkatan dari Tingkat Kandungan Dalam Negeri, sebuah regulasi dari pemerintah yang kalau pabrikan ponsel ingin menjual ponsel 4G di Indonesia, 30% komponennya harus berasal dari Indonesia.

Regulasi ini berlaku efektif pada Januari tahun 2017 nanti. Namun regulasi ini terus dikebut oleh Menkominfo agar bisa rampung tepat waktu. Peraturan ini juga dibuat agar Indonesia tidak menjadi pasar saja, tetapi turut serta membuatnya.

Peraturan ini jelas membuat banyak pabrikan ponsel luar negeri harus bersiap. Karena seperti yang kita tahu, Indonesia adalah pasar yang potensial sekali untuk penjualan smartphone. Smartphone dengan merk apapun, asal harganya murah dan spesifikasinya bagus, pasti laku disini.

Ada beberapa pabrikan ponsel yang terhitung sudah menyatakan kesiapannya dengan regulasi TKDN ini. Ada yang membuat pabriknya langsung, ada juga yang menyerahkannya pada pihak ketiga.

Asus

Pabrikan yang asalnya memproduksi komputer ini, boleh dibilang kiprahnya di pasar smartphone belum begitu lama. Namun Asus mampu merebut hati konsumen Indonesia dengan produknya yang memiliki spesifikasi gahar, namun harganya tetap bisa dijangkau oleh kalangan menengah kebawah.

Asus sendiri menyatakan sudah siap dengan regulasi TKDN. Tidak main-main, Asus ternyata sudah menggandeng pihak ketiga di Indonesia yang siap memproduksi smartphone 4G Asus yang berlokasi di Batam. (Tempo)

Oppo

Kalau sobat perhatikan, akhir-akhir ini Oppo sangat gencar berpromosi baik di media internet ataupun media televisi. Walaupun merupakan pemain baru, Oppo mampu memberikan kesan mewah dari setiap produknya.

Oppo sendiri menyatakan sudah siap dengan regulasi TKDN. Bahkan Oppo juga berencana akan membuat pabrik di Tangerang sebagai langkah untuk mendukung regulasi pemerintah ini (Antaranews).

Samsung

Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan Samsung. Pabrikan ponsel raksasa asal Korea Selatan ini menyatakan sudah siap dengan regulasi pemerintah ini. Bahkan Samsung pun sudah mulai memproduksi smartphone di Indonesia di pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Sekedar informasi saja kalau smartphone flagship terbaru Samsung, yaitu Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge ternyata dibuat di Indonesia loh (Okezone).

Baca juga 3 Smartphone Android Samsung ini harganya dibawah satu juta!

Ketiga pabrikan ponsel tersebut sampai saat ini sudah siap dengan regulasi TKDN yang mewajibkan seluruh pabrikan ponsel yang ingin menjual ponsel 4G miliknya di Indonesia, setidaknya harus 30% kandungannya berasal dari Indonesia. Ada yang sudah bekerja sama dengan pihak ketiga, ada pula yang membangun pabrik, dan ada pula yang ternyata diam-diam sudah membuat smartphone flagship yang dibuat di Indonesia.

Tinggal konsumen yang memilih seperti apa ponsel 4G yang akan dibelinya.

Semoga bermanfaat :)

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »