3 Perusahaan Ini Ternyata Sudah Diakuisisi Facebook

3 Perusahaan Ini Ternyata Sudah Diakuisisi Facebook

Mungkin sobat hanya mengenal Facebook sebagai jejaring sosial untuk memasang status, berbagi foto, ataupun stalking status seseorang. Yap memang Facebook adalah jejaring sosial yang saat ini sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Sebuah pencapaian yang sangat fantastis.

Tetapi ternyata Facebook tidak hanya bermain di jejaring sosial yang kamu tahu saja. Beberapa perusahaan atau aplikasi ini ternyata sudah menjadi milik Facebook dengan pembelian yang cukup fantastis.

WhatsApp


WhatsApp Sudah Dibeli Facebook

Aplikasi perpesanan ini sudah tidak asing lagi bagi sobat bukan? Aplikasi ini awalnya hadir sebagai pesaing BlackBerry Messenger dan cukup sukses. Banyak orang menyukai WhatsApp karena simpel dan kecepatan yang dimilikinya, walaupun WhatsApp tidak menambahkan fitur lain seperti game, aplikasi itu tetap populer. Dan konon WhatsApp memiliki pengguna sampai 700 juta orang!

Tapi WhatsApp sudah menjadi milik Facebook. Perusahaan jejaring sosial itu membeli WhatsApp dengan nilai yang fantastis, 19 miliar dollar! Tentu saja akuisisi ini membuat pendiri WhatsApp, Jan Koum menjadi kaya mendadak.

Namun sampai saat ini, baik Facebook ataupun WhatsApp tetap berjalan sendiri-sendiri.

Oculus VR


Oculust Rift

Oculus VR adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi virtual reality. Produknya sendiri bernama Oculus Rift yang mampu menghadirkan pengalaman gaming secara nyata karena alat tersebut diletakkan sangat dekat dengan mata kita. Sama seperti kacamata, hanya lebih besar dan memiliki layar yang cukup besar.

Jadi sobat tidak perlu membeli televisi besar untuk merasakan pengalaman nyata dalam bermain game karena Oculust Rift menempatkannya di depan mata sobat sendiri.

Oculus VR, selaku perusahaan yang mengembangkan Oculus Rift ini ternyata juga sudah diakuisisi oleh Facebook. Nilainya sendiri mencapai 2 miliar dollar.

Instagram


Instagram

Sobat pun pasti tahu Instagram. Aplikasi jejaring sosial yang lebih memfokuskan untuk fotografi ini banyak sekali penggunanya. Karena Instagram, hampir semua orang menyukai fotografi, baik dari yang profesional maupun yang amatiran.

Namun tahukah sobat kalau Instagram sudah dimiliki oleh Facebook? Memang sudah cukup lama Facebook mengakuisisi Instagram. Nilainya sendiri sebesar 1 miliar dollar.

Entah kenapa Facebook gemar mengakuisisi perusahaan yang boleh dibilang sebagai pesaing utama Facebook. Kalau kita tahu di bidang aplikasi perpesanan, Facebook punya Messenger dan Facebook sendiri juga memiliki fitur upload foto di jejaring sosialnya, seperti halnya Instagram. Hanya Oculus VR yang tidak memiliki persaingan apapun dengan Facebook.

Mungkin Facebook membeli berbagai perusahaan agar bisa terus eksis di dunia teknologi. Berkaca dari pengalaman Friendster yang awalnya sukses, kemudian bangkrut juga ditinggalkan penggunanya.

Semoga bermanfaat :)

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »