3 Tips Agar Smartphone Android Kamu Makin Kencang


Pusing dengan smartphone kamu yang makin ke sini makin lemot? Pas awal-awal beli mungkin masih lancar layaknya motor baru, tetapi leletnya mulai terasa setelah dipakai intensif sekian bulan.

Masalah-masalah yang sering muncul tidak jauh dari hang, loading yang lambat, booting RAM yang lemot sehingga smartphone tidak cepat menyala, hingga program not responding. Nah, untuk itu diberikan solusi agar smartphone kamu tidak lagi lemot dan bisa lebih kencang dari sebelumnya.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat kemampuan proses smartphone kamu, tetapi berikut tiga hal yang bisa kamu gunakan agar smartphone kamu tidak lemot lagi,:

Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi (Multitasking)

Beda halnya dengan handphone basis Symbian atau Java, untuk menutup aplikasi cukup dengan memencet tombol “back” atau “No/Reject”. Android atau iOS kamu tidak bisa diperlakukan sama seperti itu. Kamu butuh untuk menutup programnya dari home agar benar-benar berhenti. Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan tentu akan membuat smartphone kamu makin lemot.

Baca juga 3 Penyebab Smartphone Kamu Boros Kuota Internet :)

Maka, untuk mengurangi beban yang diterima oleh smartphone kamu melalui banyak program yang dibuka bersamaan, kamu lebih baik menutup program yang tidak diperlukan. Cukup dua sampai tiga program yang kamu buka secara bersamaan, apalagi yang memiliki usage tinggi seperti media sosial.

Hal ini juga akan mempercepat processing smartphone kamu lebih baik dari sebelumnya, karena tidak adanya program lain yang harus dieksekusi terlebih dahulu sebelum processing ke program yang kamu inginkan.

Sering-sering Menghapus Cache

Cache? Apa itu? Cache merupakan temporary data yang dimiliki oleh smartphone, yang bertujuan untuk mengingat berbagai data yang kamu simpan atau sempat cari di program tersebut selama beberapa hari. Cache akan terus bertambah mengikuti jumlah data yang kamu cari atau dapatkan.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada kemampuan smartphone memproses data-data lain, karena cache yang penuh maka smartphone harus memproses cache duluan baru memproses yang lain. Untuk menghapus cache, ada beberapa aplikasi seperti History Eraser atau menghapusnya secara manual di masing-masing program, yang biasanya ada opsi “hapus cache”.

Jangan Terlalu Banyak Setting

Khususnya Android, berbagai fitur menarik dari sistem operasi terbaru Android memungkinkan kita untuk sedikit ‘nakal’ dengan menyalakan semua fitur yang ada. Auto rotate, brightness, live wallpaper, swipe system, dan lain-lain dinyalakan semua tanpa tahu kebutuhannya. Tahu-tahu, baterai yang awalnya 100% berkurang hingga 30-40% dalam waktu 2 jam.

Fitur-fitur yang diberikan oleh Android hendaknya digunakan dengan bijak, jika memang tidak terlalu diperlukan lebih baik tidak dinyalakan. Auto rotate pun tidak diperlukan, jika kita jarang menonton video yang mengharuskan kita memutar layar kita jadi landscape.

Demikian informasi mengatasi smartphone yang lemot. Cara-cara di atas bisa dilakukan untuk mempercepat kembali smartphone kamu yang sebelumnya penuh karena RAM yang termakan oleh berbagai aplikasi. Semoga bermanfaat.

Penulis yang nyambi jadi buruh pabrik. Suka teknologi, suka hape, suka uang, suka nabung, suka kamu. Muda, tamfan, dan varokah :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »